Kubah masjid terbesar di dunia

Mesjid Raya Al A'zhom merupakan Mesjid Terbesar dan termegah di Kota Tangerang, dimana Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid ini dilakukan oleh Walikotamadya Tangerang pada Tangggal 07 Juli 1997 oleh Bpk. Drs. H. Djakaria Machmud dan Peresmian selesai Pembangunan Mesjid diresmikan oleh Pengganti Beliau yakni Drs. H. Moch Thamrin pada tanggal 23 April 2003.

Masjid Raya Al-Azhom ini dibangun di atas lahan seluas 2,25 Ha dengan luas bangunan 5.775m2 terdiri dari lantai bawah 4.845,08m2 dan lantai atas 909,92m2, dengan kapasitas dapat menampung jamaah sebanyak 15.000 orang. yang menarik dari mesjid ini adalah dibangun dengan 4 kubah setengah lingkaran yang merupakan Kubah Penyangga dan 1 kubah Utama bagian atas, sehingga dengan adanya kombinasi arsitektur seperti itu tidak diperlukan tiang untuk menyangga Kubah, sehingga kesan didalam ruangan mesjid sangat luas, lapang dan sangat nyaman serta sejuk.


Rancangan bangunan Masjid Raya yang memiliki esensi dan referensi dari al-Qur'an dan Sunah Rasul serta seni Islam (arabesque), mencerminkan hakikat Tauhidah, serta kaitan dunia dan akhirat yang ditandai dengan unsur-unsur garis lurus dan lengkung. Fasilitas yang melengkapi bangunan masjid tersebut terdiri dari ruang wudhu pria/wanita, ruang mihrab dan persiapan, ruang sholat pria/wanita, ruang pengkajian, ruang perpustakaan, ruang kantor dan peralatan/halaman masjid.

Sungguh menarik memperhatikan dan mengamati bangunan mesjid ini, dan kitapun akan betah berlama-lama untuk bertafakur dan berzikir kepada Allah SWT dimesjid yang Indah ini, saya memasuki ruang wudhu ruangan tertata dan bersih sekali. jam 11:30 saya sampai di mesjid ini dan mengabadikan dari kejauhan dan kemudian jam 11:45 saya sudah berada didalam mesjid untuk mengikuti Shallat Jum'at, hening, nyaman dan suasana khusus akan menyelimuti badan kita ketika kita berada didalamnya.

Kebetulan Shalat Jum'at kali ini di Imami oleh Bpk Fariz Hasbi M.Ag dengan Khotob Drs. Azis Sumarno Syafei dan selaku Bilal oleh Bpk Safruddin Hidayatullah S.Ag. Mendengarkan Suara Beduk dan Panggilan Azan yang sungguh membuat hati ini tergugah, dan Kebetulah Khotib mengetengahkan Mimbar Jum'at yang Mengajak Umat untuk hidup dengan Ridho kepada Allah, dengan hidup seperti itu maka kehidupan kita akan dipenuhi oleh kebahagian dan keselamatan, selain dari pada itu Khotib juga mengajak Umat untuk membentengi diri dan keluarga dari pengaruh-pengaruh negatif teknologi informasi yang berkembang sekarang ini dengan jalan memberikan pemahaman agama dan pengertian akan bahaya yang timbul.

Mesjid Raya Al Azhom merupakan mesjid yang menjadi icon kota tangerang, dimana semenjak di Pimpin oleh Bpk. Walikota Wahidin Halim, perkembangan kota ini sungguh sangat tertata dengan baik dan menjadi simbol perkembangan dengan mengedepankan nilai-nilai keislaman dengan motto " Membangun dengan Akhlakul Karimah".

Semoga dengan adanya Masjid Raya Al-Azhom ini dapat dimanfaatkan dan difungsikan sebagai tempat sholat wajib dan sholat sunah, sholat jum'at dan sholat Ied. Pusat penyiaran, pengkajian dan informasi Agama Islam dengan Majelis Taklim dan kegiatan kuliah subuh serta pusat kegiatan sosial umat Islam, Amin.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kubah masjid terbesar di dunia"

Post a Comment